Thursday, September 17, 2020

THIS IS A BEAUTIFUL FLOWER

THIS IS A BEAUTIFUL FLOWER

Jadi ingat waktu kuliah, tahun 90-an awal. Saya ke Bantimurung Maros. Di bagian atas lokasi air terjun saya lihat dua orang turis yg lg motret sesuatu. Saya dekati, ternyata obyeknya pohon nenas yg ungu kemerahan. Tanpa saya tanya si turis bilang "This is a very beautiful flower." Saya senyum saja, terus kujelaskan kalo itu nenas, bukan bunga. Dia tambah heran. Malah motret-motret lagi. Lalu dia cerita kalo dia baru kali ini lihat pohonnya, biasanya dia makan nenas sudah dalam kaleng 😂😂 

#kisahJidint 

Rupanya, bukan hanya mereka (orang Barat) yang bisa mengalami hal itu. Banyak kasus di mana anak-anak kota mengalami hal serupa. Mereka mungkin tahu beras berasal dari padi tapi belum pernah meilhat langsung bentuk padi itu bagaimana? Ada yang mungkin sering makan daging sapi tapi tidak mengenal hewannya berbentuk apa ya? Masyarakat moderen banyak yang mengandalkan makanan cepat saji yang tidak perlu lagi repot-repot mengolahnya karena tersedia di restoran atau di swalayan dalam bentuk kalengan. 

Pada dasarnya, pembelajaran di sekolah harusnya kontekstual dan bermakna. Siswa diberitahu, dilatih, dituntun atau lainnya untuk mengetahui dan mengerjakan sesuatu yang sedapat mungkin mereka bisa memahami substansi dan makna pembelajaran yang diikutinya. Jangan hanya pandai berteori tapi sulit mengerjakan kasus penerapan teori itu dalam kehidupan masyarakat.




Foto oleh Jidint. Hanya untuk ilustrasi semata

No comments: