Tuesday, August 11, 2020

Kasus Perbedaan Waktu - contoh saja

Kasus 1.
Apabila Anda melakukan perjalanan darat dari Kalimantan Timur menuju Kalimantan Tengah (melintasi perbatasan provinsi), apa yang Anda lakukan terhadap jam tangan untuk menyesuaikan waktu setempat? Mengapa demikian?

Kalimantan Timur masuk dalam Waktu Indonesia Tengah (WITA) sedangkan Kalimantan Tengah masuk dalam Waktu Indonesia Barat (WIB). WITA lebih cepat satu jam daripada WIB, maka ketika berjalan dari Kaltim ke Kalteng dan melintasi batas provinsi maka Anda harus mengubah jam tangan Anda lebih lambat (mundur) satu jam untuk menyesuaikan waktu setempat (WIB). Hal ini terjadi karena salah satu batas pembagian waktu di Indonesia mengikuti batas provinsi antara Kaltim dan Kalteng. Hal serupa terjadi jika Anda berjalan dari Kalimantan Selatan menuju Kalimantan Tengah.
Jika melakukan perjalanan dengan arah sebaliknya, dari Kalteng menuju Kaltim dan dari Kalteng menuju Kalsel maka Anda harus mengubah jam tangan satu jam lebih cepat untuk menyesuaikan waktu setempat (WITA)

Jenis perjalanan baik darat maupun laut dan udara, tidak menjadi masalah karena tidak memberikan pengaruh apapun terhadap penyesuaian waktu. Perubahan atau penyesuaian waktu tetap harus dilakukan meskipun Anda hanya berjalan kaki melintasi batas provinsi antara Kalimantan Tengah dengan Kalimantan Timur serta antara Kalimantan Tengah dengan Kalimantan Selatan.

Batas waktu di Indonesia yang mengikuti batas provinsi di darat hanya ada di pulau Kalimantan. Batas waktu lainnya tetap mengikuti batas provinsi tetapi bukan di darat melainkan batas di laut, misalnya batas WIB dan WITA terletak di selat Bali (antara pulau Jawa dan pulau Bali).




Kasus 2.
Jika Anda melakukan perjalanan dari Tokyo menuju Hawaii (melintasi Batas Tanggal Internasional) apa yang harus Anda lakukan untuk menyesuaikan waktu dan hari/tanggal setempat? Mengapa demikian?

Perjalanan dari Tokyo – Jepang yang terletak di belahan bumi Timur menuju ke Hawaii yang terletak di belahan bumi Barat akan melintasi Batas Tanggal Internasional.
Jika melintasi Batas tanggal Internasional dari arah Barat ke Timur (dari belahan bumi timur ke belahan bumi barat) atau dengan kata lain melintasi 180o Bujur, maka Anda harus mengubah waktu menjadi lebih lambat satu hari dibandingkan waktu/hari tempat asal Anda di belahan bumi Timur (Tokyo).

Hal ini terjadi sebab ketika Anda melintasi bujur 180o maka wilayah belahan bumi barat saat itu masih berada pada waktu/hari/tanggal yang lebih lambat daripada waktu di kota Tokyo. Sementara ketika Anda melintasi bujur 180o tersebut berarti Anda telah mendahului satu hari lebih cepat daripada waktu belahan bumi barat (Hawaii). Maka Anda harus mengundurkan waktu satu hari lebih lambat daripada waktu Tokyo untuk menyesuaikan waktu di Hawaii.


Kasus 3.
Apabila Anda melakukan perjalanan dari Padang menuju Kuala Lumpur – Malaysia (melintasi perbatasan negara), apa yang Anda lakukan terhadap jam tangan Anda untuk menyesuaikan waktu setempat? Mengapa demikian?

Secara astronomis posisi Kuala Lumpur terletak di sekitar 105o BT yang sama dengan GMT +7 jam. Akan tetapi patokan waktu Malaysia ditetapkan pemerintah yaitu GMT +8 jam yang sama dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA). Dengan demikian jika terbang dari Padang menuju Kuala Lumpur itu sama halnya dengan Anda terbang dari WIB (Padang) menuju WITA yang sama waktunya dengan Kuala Lumpur.
Berarti Anda harus memajukan jam tangan Anda satu jam lebih cepat untuk menyesuaikan waktu di Kuala Lumpur (GMT +8 jam).


Kasus 4.
Jika Anda melakukan perjalanan dari Meksiko menuju Jaya Pura (melintasi Batas Tanggal Internasional) apa yang harus Anda lakukan untuk menyesuaikan waktu dan hari/tanggal setempat? Mengapa demikian?

Meksiko terletak di belahan bumi Barat yang waktunya lebih lambat daripada belahan bumi Timur, sementara Jaya Pura terletak di belahan bumi Timur. Oleh sebab itu, ketika Anda terbang dari Meksiko ke arah Barat menuju Jaya Pura dan melintasi bujur 180o maka berarti Anda “mempercepat” waktu/hari/tanggal satu hari lebih cepat. Maka ketika melintasi bujur 180sebagai Batas Tanggal Internasional maka Anda harus memajukan waktu di jam tangan Anda satu hari lebih cepat ketika sampai di Jaya Pura untuk menyesuaikan waktu setempat.


Demikian penjelasan ini. Mohon disampaikan jika ada koreksi dan penyempurnaan. Terima kasih. 
Semoga bermanfaat.





Foto hanya ilustrasi (Jidint's)





No comments: