Monday, March 9, 2020

BUNGA KERING DARI KULIT JAGUNG

5. Bunga Kering
Bunga kering yang dipilih dalam kerajinan tangan ini berbahan dasar kulit jagung. Bahan baku ini sangat banyak dan terbuang percuma. Padahal jika dibuat bunga kering dapat menghasilkan karya yang sangat cantik dan memungkinkan untuk dijual. Kecantikan dan kesempurnaan hasil bergantung daya kreativitas pembuatnya. Dalam membuat dan merangkai bunga ini, siswa diberi kebebasan bereksperimen dan berekspresi.
Cara pembuatan bunga kering ini secara ringkas adalah:
a.    Penyiapan alat dan bahan, yaitu:
1        1)   Pisau cutter, gunting.
          2)   Lem cepat kering atau lem tembak dan benang.
          3)   Kertas bekas atau kertas koran.
          4)   Kawat beton kecil yang mudah dibengkokkan dan tang potong.
         5)   Kulit jagung kering, pewarna kain atau makanan, air, sabun deterjen, dan alat masak.
b.    Kulit jagung dipilih yang tidak terlalu kasar dan sebaiknya yang tidak sobek.
c.    Rebuslah satu liter air hingga mendidih, tambahkan sabun deterjen 2-3 sendok makan dan pewarna secukupnya. Aduklah dengan rata. Masukkan kulit jagung sambil diaduk dan dibolak-balikkan. Setelah warna melekat, angkat lalu tiriskan dan jemur tidak di bawah matahari langsung. Bila hampir kering, sebaiknya diseterika rapi. Bila ingin warna yang lain, bersihkan panci dari sisa pewarna sebelumnya.
d.    Sobeklah kertas bekas sepanjang 3-4 cm lalu pilinlah kemudian bagian tengahnya diikat dengan kawat. Atur kertas tersebut hingga berbentuk bundar atau bulat pipih. Bungkuslah dengan kulit jagung yang agak halus lalu ikat dengan benang di pangkal kawatnya.
e.    Guntinglah kelopak/mahkota bunga sesuai keinginan. Rekatkan kelopak itu di sekeliling kertas berbungkus tadi. Bentuklah bunga dengan rapi. Lengkapi dengan daun yang dilekatkan di kawat yang dibungkus (dililiti) dengan kulit jagung halus. Putik, kelopak, dan daun bunga dapat bermacam bentuknya. Juga tersedia putik buatan di toko-toko.
f.     Sebaiknya bunga disemprot cat finishing clear agar lebih awet dan cerah.

g.    Rangkailah bunga menggunakan vas atau wadah lainnya.































 INI GURUNYA, MUJAHIDIN AGUS











No comments: